NEW!New top class exclusive digital courses Read More

Manokwari SelatanPapua BaratPariwisataPegunungan Arfak

Mansel di Apit Lokasi Wisata Kelas Dunia di Papua Barat

1 Mins read

Oleh martin kema

Ransiki,-Kabupaten Manokwari Selatan (Mansel), selain dikenal daerah yang kaya akan potensi sumbera daya alam, baik dibidang pertanian, kelautan, perikanan, hasil hutan maupun hasil bumi lainnya.

Daerah tersebut juga dikenal miliki potensi pariwisata yang tidak kalah menarik dari daerah-daerah pariwisata lain di Papua Barat.

Sebut saja lokasi pariwisata Gunung Botak, Air Terjun Nenei, Air Terjun Gunung Bembab, Air Panas Siwi, pantai Tanjung Oransbari, Benda Peningga Perang Duni Kedau dan masih banyak lagi potensi wisata yang belum digali.

Tokoh masyarakat juga selaku anggota DPRD Mansel, Wennan Alexander Ainusi, belum lama ini menyampaikan bahwa potensi ini seharunya dikelola labih baik lagi dari yang sudah dilakukan oleh Dinas Pariwisata Mansel, agar menjadi sumber penghasil daerah.

Apalagi lanjutnya, daerah yang sering disebut kabupaten segi tiga emas di Manokwari Raya itu diapit oleh dua lokasi wisata kelas Dunia yaitu Taman Nasional Teluk Cenderawasi dan lokasi Pariwisata di Kabupaten Pegunungan Arfak (Pegaf) seperti Danua Anggi diatas ketinggian nyaris 3000 mdpl, sarang Burung Pintar dan Gua Terpanjang di Dunia di Pegaf.

“Potensi dan peluang ini yang seharusnya menjadi sumber uang daerah. Intinya lebih fokus dalam mengolah dia seperti yang sudah dilakukan, menggali apa yang akan kita dapat dengan letak daerah kita yang sangat strategis dibidang pariwisata ini, libatkan masyarakat local sesuai kemampuan,”tukas Ainusi.

Sambil mengakui bahwa sejauh ini ruang yang diberikan kepala daerah untuk menggali potesni tersebut cukup besar agar memberi dampak baik bagi daerah Mansel dalam hal sebagai sumber penyumbang sumber pendapat asli daerah (PAD).

“Kebetulan media sebagai sarana kami menyuarakan isi hati kami. Maka bapak hanya minta dinas pariwisata lebih fokus lagi kelola akan potensi ini,”harap Ainusi.

Diketahi, dibeberapa kesempatan Bupati Mansel, Markus Waran menyampiakan bahwa dirinya sangat serius menangani pariwisata kearah yang lebih baik dan jadikan pariwisata Mansel menjadi yang terbaik di wilayah Indonesia Timur.

Sementara itu, Dinas Pariwisata Mansel selama ini telah melakukan beberapa langkah dalam mengembangkan potensi yang ada. Misalnya, pendataan lokasi wisata, lakukan promosi wisata, membangun pondok dan kamar mandi di disejumlah titik tempat wisata.

Selamat Mencoba !!

Related posts
Manokwari Selatan

Berlangsung Meriah; Bupati Markus Waran Lepas Rombong Takbir di Ransiki, Wabup Rengkung di Oransbari

2 Mins read
PENTUL,MANSEL-Bupati Manokwari Selatan (Mansel), Markus Waran, melepas rombongan takbir keliling umat muslim Ransiki, pada Minggu malam (1 Mei 2022). Rombongan takbiran dalam…
Manokwari Selatan

Selain Ransiki & Oransbari, Malam Takbir Juga Dilaksanakan di Momi Waren

1 Mins read
PENTUL, MANSEL,- Menyambut hari raya Idul Fitri 1 Syawal 1443 H, umat muslim yang mendiami distrik Momi Waren Kabupaten Manokwari Selatan melaksanakan…
Manokwari Selatan

23 Putra Putri Mansel Terlibat Seleksi Calon Paskibraka Tingkat Nasional

1 Mins read
PENTUL, MANSEL-Sebantak 23 siswa siswi dari sejumlah SMA/SMK di Kabupaten Manokwari Selatan mengikuti seleksi calon Paskibraka Tingkat Nasional Provinsi Papua Barat yang…
Power your team with InHype
[mc4wp_form id="17"]

Add some text to explain benefits of subscripton on your services.

Leave a Reply

Your email address will not be published.