NEW!New top class exclusive digital courses Read More

LingkunganManokwari Selatan

Pemkab Mansel Bangun Taman Hutan Raya Ratusan Hektar

1 Mins read

Ransiki,-Pemerintahan Daerah Kabupaten Manokwari Selatan (Mansel), Papua Barat, rencana bangun dua taman hutan raya dengan luas ratusan hektar.

Muluskan rencana tersebut, Pemkab Mansel siapkan lahan 37 hekar di kampung Warkwandi distrik Oransbari (perbatasan langsung dengan distrik Ransiki). Selin itu, Pemkab Mansel juga siap kelola 300 lebih hektar hutan mangrove (bakau) di bibir pantai Oransbari, menjadi taman hutan raya.

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Mansel, Muhammad Amir kepada kuli tinta beberapa waktu lalu di kantronya di Abreso Pantai distrik Ransiki.

“Taman kota hutan raya di sekitar Warkwandi. Lahan yang kita survei sekitar 37 hektar, kemudian kita juga rencana kelola hutan manggrove di pantai Oransbari sekitar 300 hektar lebih,”ujar mantan Sekretaris Bappeda Mansel kepada kuli tinta saat itu.

Rencana tersebut sudah diketahui kepala daerah, baik bupati mapun wakil bupati. Keduanya, kata Amir, sangat respon rencana tersebut, karena dibolehkan oleh aturan.

“Sekarang kita hanya tunggu SK dari bapak bupati, setelah itu kita desain master plannya,”kata Amir.

Nantinya, kedua taman hutan raya tersebut, dalam pengelolaannya akan bangun kerja sama dengan Dinas Pariwisata untuk menunjang prospek wisata.

“Nanti modelnya kami desain master plannya dulu. Setelah itu akan ada kerja sama dengan dinas pariwisata. Lokasinya mungkin kami yang siapkan tapi untuk penataan untuk wisata itu akan kerja sama dengan dinas pariwisata,”kata Amir.

Amir menambahkan, rencana tersebut sudah disetujui oleh instansi teknis pemerintahan Pusat.

“Justru dari pusat yang minta kita buatkan desain, mereka akan bantu dengan anggaran. Pusat sudah ok, tinggal tunggu SK bapak Bupati,”tukas Amir.[mnr]

 

Related posts
Manokwari Selatan

Bangun Sinergi, Panwaslu Distrik Oransbari Sambangi Polsek Oransbari

2 Mins read
PENTUL,ORANSBARI- Pada Kamis, 26 Januari 2023, Ketua Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Distrik Oransbari Kabupaten Manokwari Selatan, Emanuel Nuba,SH bersama sejumlah anggotanya…
Manokwari Selatan

Pemda Mansel Lanjutkan Program Beras Jatah untuk PNS dari Oransbari

1 Mins read
PENTUL,MANSAEL-Bupati Manokwari Selatan (Mansel), Markus Waran akhirnya mengambil keputusan kembali lanjutkan program beras jatah bagi PNS dari beras lokal asal Oransbari. Keputusan…
Manokwari Selatan

Depan Bupati, Kornelia Koirewoa Sampaikan Masalah Penyaluran Beras Jatah PN

1 Mins read
PENTUL,MANSEL-Dalam pertemuan bersama forum komunikasi pimpinan daerah (forkopimda), dipimpin Bupati Manokwari Selatan, Markus Waran, Kabag Umum Setda Manokwari Selatan, Kornelia Koirewoa berkesempatan…
Power your team with InHype
[mc4wp_form id="17"]

Add some text to explain benefits of subscripton on your services.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *