NEW!New top class exclusive digital courses Read More

Manokwari Selatan

Bimtek LPPD, Sekda : LPPD Rujukan Capaian Penyelenggaraan Pemerintahan

2 Mins read

MANSEL– Sekda Mansel, dr. Hengky V. Tewu menegaskan, LPPD merupakan rujukan berhasil tidaknya penyelenggaraan pemerintahan, yang akan disampaikan ke Gubernur dan ke presiden.

Hal itu ditegaskan Sekda saat membuka kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (LPPD) yang diselenggarakan oleh Bagian Pemerintahan dan Otonomi Daerah Sekretarian Pemerintahan Kabupaten Manokwari Selatan, Kamis (27/2/19) di Aula Serba Guna Masjid An’nur Ransiki.

Dalam arahannya Sekda menambahkan, olehnya kegiatan Bimtek LPPD ini sangat penting dilaksanakan, untuk mengukur kinerja penyelenggaraan pemerintahan tiap tahunnya untuk disampaikan kepada Presiden melalui Gubernur dan Kementrian Dalam Negeri dalam bentuk LPPD.

“Dari LPPD ini, Presiden mengetahui capaian penyelenggaraan pemerintahan daerah di Mansel. Untuk itu, saya berharap seluruh peserta mengikut Bimtek dengan saksama dan memahami dengan baik agar dapat memperbaiki kekurangan pada laporan tahun sebelumnya, sehingga ada peningkatan posisi saat dievaluasi oleh Provinsi Papua Barat. Kekurangan laporan makin menciut dari sebelumnya,” tegasnya.
Dikatakan, dalam laporan capaian kinerja Mansel pada laporan LPPD untuk pertama kalinya tahun 2018 lalu, tidak sedikit kekurangan laporan yang dimiliki seluruh OPD yang ada untuk diperbaiki.

Salah satu yang menjadi kritikan tajam oleh Sekda adalah, adanya laporan dokumen LPPD 2018 yang disampaikan oleh salah satu OPD saat itu, ada yang tanpa kop surat.

Dia menyayangkan kejadian itu, sedangkan laporan tersebut sangat penting dan akan dikirim ke Kementerian Dalam Negeri melalui Inspektorat.

“Saya berharap, jangan sampai terulang lagi, sebab waktu itu akibat kop surat tidak ada, maka laporan dari OPD dimaksud terpaksa dibatalkan,” akunya.

Sekda juga mengkritik soal susahnya menghubungi tim penyusun yang dikirim OPD untuk memperbaiki kekurangan LPPD saat itu.

“Kami ingin adanya perbaikan, namun saat dihubungi melalui telepon, sangat susah untuk meminta dokumen perbaikan. Kita hubungi semuanya susah sekali, padahal perbaikan sangat peting dilakukan untuk mengubah posisi penilaian,” tegasnya.

Mantan Kadis Kesehatan Mansel ini juga memberi dorongan dan motivasi peserta Bimtek untuk berani meraih target perubahan, dengan memulai melakukan sesuatu untuk mengoreksi kemampuan diri.

Ia mengatakan, untuk mengukur kinerja apakah berhasil atau tidak, maka yang dilakukan adalah mulai melakukan sesuatu bukan berdiam diri.

“Jadi sebenarnya intinya adalah jika kita tidak mau mengukur hasil apa yang akan terjadi, maka kita tidak bisa katakan bahwa kita ini berhasil atau gagal,” ujar Tewu.

“Sebab dengan berhasil atau gagal itu, kita bisa belajar. Kita memperbaiki diri, atau meningnatkan diri. Nah sekarang ini kita sudah ada hasil tahun lalau dengan mengikuti kegiatan ini dengan baik hingga selesai dan memahinya. Sebab jika kita tidak berusaha untuk memahami maka sia-sia kita ikut kegiatan demi kegiatan,”tegas Tewu.

Pantauan media ini, pada kegiatan Bimtek tersebut, selain dihari oleh Sekda, sejumlah Kepala Distrik, juga dihadiri oleh sejumlah pimpinan OPD di Mansel tapi tidak sedikit pimpinan OPD yang tidak hadir dalam kegiatan tersebut karena ada urusan lain. Pimpinan OPD yang tidak hadir hanya mengutus perwakilan.[MDR/R1)

 

Related posts
Manokwari Selatan

Bangun Sinergi, Panwaslu Distrik Oransbari Sambangi Polsek Oransbari

2 Mins read
PENTUL,ORANSBARI- Pada Kamis, 26 Januari 2023, Ketua Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Distrik Oransbari Kabupaten Manokwari Selatan, Emanuel Nuba,SH bersama sejumlah anggotanya…
Manokwari Selatan

Pemda Mansel Lanjutkan Program Beras Jatah untuk PNS dari Oransbari

1 Mins read
PENTUL,MANSAEL-Bupati Manokwari Selatan (Mansel), Markus Waran akhirnya mengambil keputusan kembali lanjutkan program beras jatah bagi PNS dari beras lokal asal Oransbari. Keputusan…
Manokwari Selatan

Depan Bupati, Kornelia Koirewoa Sampaikan Masalah Penyaluran Beras Jatah PN

1 Mins read
PENTUL,MANSEL-Dalam pertemuan bersama forum komunikasi pimpinan daerah (forkopimda), dipimpin Bupati Manokwari Selatan, Markus Waran, Kabag Umum Setda Manokwari Selatan, Kornelia Koirewoa berkesempatan…
Power your team with InHype
[mc4wp_form id="17"]

Add some text to explain benefits of subscripton on your services.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *