NEW!New top class exclusive digital courses Read More

Manokwari Selatan

Manokwari Selatan Umumkan Kasus Pertama Pasien Positif Covid 19

2 Mins read

MANSEL,-Pemerintahan Daerah Kabupaten Manokwari Selatan (Mansel), resmi umumkan kasus pertama pasien positif Covid 19.

Hal itu disampaikan Bupati, Markus Waran didampingi ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid 19, dr. Hengky V. Tewu dan Kapolres AKBP Slamet Haryono Termawud saat melakukan jumpa pers berlangsung di pos utama gugus tugas Mansel di pendopo Kantor Bupati,Senin (27/4) siang.

Menurut Bupati, hasil tersebut diumumkan setelah tim covid 19 Mansel menerima hasil swab tes milik pasien berinisial R asal Oransbari dari pemeriksaan di Makassar.

“Hari ini pemerintahan Kabupaten Manokwari Selatan telah lakukan evaluasi terkait dengan perkembangan pemantauan secara menyeluruh penanganan covid 19 terkait beberapa pasien dalam pengawasan. Satu pasien positif berinisial R. Ini berdasarkan hasil rapid tes dan hasil tes dari pada PCR atau swab tesnya,”kata Markus Waran.

Menurut penjelasan Bupati, sampel pasien dalam pengawasan di kirim untuk uji PCR dari Mansel sebanyak tiga sampel. Satunya berinisial R telah positif sedangkan satunya lagi negatif.

Sedangkan sample pasien satunya lagi, merupakan keluarga dekat dari R masih menunggu hasil tesnya.

“Saat ini kami sampaikan ada satu pasien yang sudah positif corona, satunya negatif dan satunya lagi masih kita tunggu hasil PCR nya dari luar,”tambah Bupati.

Menyikapi kondisi tersebut, Bupati menegaskan, Pemda Mansel melalui satuan gugus tugas segera tingkatkan protokoler pengawasan diwilayah Mansel terutama pengawasan di pintu masuk dari Kabupaten Manokwari dan Kabupaten Teluk Bintuni.

“Oleh karena itu pada hari ini Pemda bersama satgas gugus dan semua petugas saya nyatakan untuk tambah meningkatkan lagi status siaga di wilayah kabupaten Mansel untuk diperketat khususnya di pintu masuk Bintuni dan Manowari, kita perketat surat ijin untuk keluar dan dari kota Manokwari atau Bintuni melewati Mansel,”tegas Waran.

Bupati menambahkan mereka yang boleh mendapatkan rekomendasi surat izin jalan keluar Manokwari Selatan adalah mereka yang melakukan tugas penting pemerintah dalam rangka koordinasi ke tingkat Provinsi.

Berikutnya adalah surat izin pasien dan keluarga pasien yang sakit yang hendak rujuk ke Manokwari. Kemudian mereka yang mendapat izin tugas membawa logistik bahan makanan, obat, bahan bakar minyak dan ada keluarganya yang meninggal wajib bawa surat keterangan duka dari RT dan RW setempat. Selain dari itu kita batasi surat jalan. Ini kita sudah evaluasi dan bicarkaan bersama bapak kapolres tadi,”ujar Bupati.

Diakhir keterangannya, Bupati kembali menghimbau masyarakat Mansel untuk tetap taati semua anjuran pemerintaha sebagai langkah pencegahan terjadinya penyebar luasnya kasus covid 19.

Sementara itu, ketua Covid Mansel, dr. Hengky V. Tewu meminta masyarakat untuk tidak panik karena tim covdi Mansel terus melakukan pemantauan dan melakukan protokoler penanganan covid 19.

“Untuk ketersediaan bahan pokok. Bapak bupati telah meminta agar ketersediaan bahana pokok tetap stabil kita tetap pasok dari hasil lokal Manokwari Selatan saja. Untuk kekurangan gula akan kami datangkan dari Surabaya,”jelas Hengky singkat. [MDR]

 

Related posts
Manokwari Selatan

Bangun Sinergi, Panwaslu Distrik Oransbari Sambangi Polsek Oransbari

2 Mins read
PENTUL,ORANSBARI- Pada Kamis, 26 Januari 2023, Ketua Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Distrik Oransbari Kabupaten Manokwari Selatan, Emanuel Nuba,SH bersama sejumlah anggotanya…
Manokwari Selatan

Pemda Mansel Lanjutkan Program Beras Jatah untuk PNS dari Oransbari

1 Mins read
PENTUL,MANSAEL-Bupati Manokwari Selatan (Mansel), Markus Waran akhirnya mengambil keputusan kembali lanjutkan program beras jatah bagi PNS dari beras lokal asal Oransbari. Keputusan…
Manokwari Selatan

Depan Bupati, Kornelia Koirewoa Sampaikan Masalah Penyaluran Beras Jatah PN

1 Mins read
PENTUL,MANSEL-Dalam pertemuan bersama forum komunikasi pimpinan daerah (forkopimda), dipimpin Bupati Manokwari Selatan, Markus Waran, Kabag Umum Setda Manokwari Selatan, Kornelia Koirewoa berkesempatan…
Power your team with InHype
[mc4wp_form id="17"]

Add some text to explain benefits of subscripton on your services.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *