NEW!New top class exclusive digital courses Read More

Manokwari Selatan

Pemda Maybrat Seriusi Penanganan Stunting, Ini Langkahnya !!

1 Mins read

MAYBRAT-Serius tanggapi stunting sesuai anjuran pemerintahan Pusat, Pemerintah Kabupaten Maybrat akhirnya mengambil langkah yakni mulai gelar Penyusunan Rencana Aksi Daerah dengan sumber Biaya Operasional Kesehatan (BOK) Stunting tahun 2020.

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Bupati Maybrat, Drs. Bernad Sagrim, yang diwakili Asisten Dua Bidang Perekonomian Dan Pembangunan, Kabupaten Maybrat, Engelbertus Turot, SP, M.Si.
Hadir pula pada kegiatan ini, perwakilan Dinas Kesehatan, petugas kesehatan dari 14 Puskesmas dan para perwakilan Kader Posyiandu.

Menjadi narasumber pada kegiatan tersebut adalah utusan Dinas Tanaman Pangan dan Dinas Pemberdayaan Masyarakat, yang berlangsung di Ayamaru, Jumat,(8/5/2020) laln.

Melalui sambungan telpon, Asisten Dua, Engelbert Tutor kepada media ini menjelaskan, setelah kegiatan tersebut usai Pemda akan bentuk tim yang melibatkan komponen terkait/berkompeten.

Menurut Engelber, tim tersebu bertugas memberi pertimbangan dan masukan kepada pemerintah terkait langkah tepat penanganan stunting, agar ada kebijakan-kebijakan strategis dalam penanganan stunting terutama yang menimpah anak balita/usia dibawah 5 tahun maupun ibu hamil dan janin yang berpeluang mengalami stunting.

“Jadi stunting ini bukan hanya menjadi tanganggung jawab dinas kesehatan tidak, tapi harus melibatkan komponen-komponen terkait, misalnya pemberdayaan masyarakat, pemberdayaan perempuan, ketahanan pangan dan lain-lain dalam penanganan stabting atau gizi buruk,” ujar Engelbertus.

Engelbert menerangkan, permasalahan gizi buruk/stunting kini sudah menjadi masalah Nasional saat ini.

Untuk itu, lanjut Dia, Dinas Kesehatan harus tetap menjadi garda terdepan selain memberangus ancaman covid 19, tapi juga menjadi garda terdepan menangani permasalahan stunting di dilayah Maybrat, selain melibatkan komponen lainnya termasuk masyarakat sendiri.

“Kita sama komitemen dengan pemerintah dan stekholder yang ada untuk membatasi covid 19 dan juga masalah stunting di Maybrat, jadi diharapakan teman-teman puskesmas dan dinas kesehatan saat ini menjadi garda terdepan, sebagai prajurit yg diandalkan oleh daerah untuk tangani stunting juga,,” pungkas pria yang akrab dengan Jurnalis ini.(Charles Fatie)

 

Related posts
Manokwari Selatan

Bangun Sinergi, Panwaslu Distrik Oransbari Sambangi Polsek Oransbari

2 Mins read
PENTUL,ORANSBARI- Pada Kamis, 26 Januari 2023, Ketua Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Distrik Oransbari Kabupaten Manokwari Selatan, Emanuel Nuba,SH bersama sejumlah anggotanya…
Manokwari Selatan

Pemda Mansel Lanjutkan Program Beras Jatah untuk PNS dari Oransbari

1 Mins read
PENTUL,MANSAEL-Bupati Manokwari Selatan (Mansel), Markus Waran akhirnya mengambil keputusan kembali lanjutkan program beras jatah bagi PNS dari beras lokal asal Oransbari. Keputusan…
Manokwari Selatan

Depan Bupati, Kornelia Koirewoa Sampaikan Masalah Penyaluran Beras Jatah PN

1 Mins read
PENTUL,MANSEL-Dalam pertemuan bersama forum komunikasi pimpinan daerah (forkopimda), dipimpin Bupati Manokwari Selatan, Markus Waran, Kabag Umum Setda Manokwari Selatan, Kornelia Koirewoa berkesempatan…
Power your team with InHype
[mc4wp_form id="17"]

Add some text to explain benefits of subscripton on your services.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *