NEW!New top class exclusive digital courses Read More

Manokwari Selatan

Kepada Gubernur, Bupati Waran : DD 30 Kampung Telah Masuk

1 Mins read

MANSEL,-Bupati Manokwari Selatan (Mansel), Markus Waran, laporkan dana desa tahap pertama tahun 2020 untuk 30 pemerintahan kampung diwilayahnya telah masauk dari total keseluruhan kampung yang ada sebanyak 57.

Hal ini disampaikan orang nomor satu Kabupaten Mansel kepada Gubernur Papua Barat, Drs. Dominggus Mandacan, sela-sela pencanangan penanaman pangan lokal di Distrik Oransbari, Senin (11/5).

Menurut Waran, belum masukan dana kampung untuk 27 pemerintahan kampung lainnya dikarenakan laporan pertanggung jawaban penggunaan dana desa sebelumnya belum disampaikan sehingga penyaluran belum dilakukan di 27 kampung itu.

“Di Kabupaten Manokwari Selatan baru sekitar 30 kampung yang sudah masuk,”kata Waran.

Melalui OPD terkait kata Waran, sedang berupaya mendampingi 27 pemerintahan kampung untuk menyelesaikan laporan pertanggung jawaban agar BLT sebesar Rp.600.000 untuk warga selama tiga bulan yakni April sampai Juni segera direalisasikan, agar membantu meringankan beban masyarakat kampung akibat Covid 19.

“OPD terkait sudah melakukan pendekatan, berupaya menyelesaikan pelaporan sehingga diselesaikan penyaluran nya segera,”pungkas Waran.

Untuk diketahui Danas Desa Papua Barat tahun anggaran 2020 senilai Rp. 1,5 Trilliun, yang akan digunakan untuk dua program terkait penanganan dan pencegahan Covid 19.
Dua program itu yakni program pelaksanaan Padat Karya Tunai (PDKT) dan Pemberian Bantuan Langsung Tunai Desa (BLT-Desa).

Total dana desa untuk Provinsi Papua Barat sebesar Rp. 1,5 trilliun lebih akan dibagi kepada 12 Kabupaten, 207 distrik, dan 1.742 kampung.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung Provinsi Papua Barat, Lince Idorway mengatakan, program PDKT penggunaannya untuk peningkatan ketahanan pangan masyarakat dengan meningkatkan produksi bahan pangan, khsususnya pangan pokok yang dilaksanakan melalui kegiatan bertani, berkebun, berternak atau sesuai potensin di daerah masing-masing.

Sedangkan terkait program BLT Desa, saat ini jumlah desa yang surkan BLT Desa baru 11 kampung dari total 1.742 kampung dengan jumlah penerima BLT Desa 908 Kepala Keluarga.
Menurut Lince, yang berhak menerima BLT Desa adalah kepala keluarga yang tidak terdata dalam Program Keluarga Harapan (PKH) dari Dinas Sosial. Penyaluran BLT dari dana desa sebesar Rp. 600 ribu per kepala keluarga selama tiga bulan, terhitung mulai bulan April sampai dengan bulan Juni, dan saat ini baru tiga Kabupaten yang sudah menyalurkan BLT diantaranya, Kabupaten Manokwari, Teluk Wondama dan Sorong.

“Singkronisasi data cukup sulit antara penerima PKH dan Non PKH. Diharapkan minggu kedua dan ketiga bulan Mei BLT desa di kampung-kampung dapat di salurkan, ” ucap Lince saat menyampaikan laporannya kepada Gubernur Papua Barat, Drs Dominggus Mandacan.(MDR)

 

Related posts
Manokwari Selatan

Bangun Sinergi, Panwaslu Distrik Oransbari Sambangi Polsek Oransbari

2 Mins read
PENTUL,ORANSBARI- Pada Kamis, 26 Januari 2023, Ketua Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Distrik Oransbari Kabupaten Manokwari Selatan, Emanuel Nuba,SH bersama sejumlah anggotanya…
Manokwari Selatan

Pemda Mansel Lanjutkan Program Beras Jatah untuk PNS dari Oransbari

1 Mins read
PENTUL,MANSAEL-Bupati Manokwari Selatan (Mansel), Markus Waran akhirnya mengambil keputusan kembali lanjutkan program beras jatah bagi PNS dari beras lokal asal Oransbari. Keputusan…
Manokwari Selatan

Depan Bupati, Kornelia Koirewoa Sampaikan Masalah Penyaluran Beras Jatah PN

1 Mins read
PENTUL,MANSEL-Dalam pertemuan bersama forum komunikasi pimpinan daerah (forkopimda), dipimpin Bupati Manokwari Selatan, Markus Waran, Kabag Umum Setda Manokwari Selatan, Kornelia Koirewoa berkesempatan…
Power your team with InHype
[mc4wp_form id="17"]

Add some text to explain benefits of subscripton on your services.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *