NEW!New top class exclusive digital courses Read More

Manokwari Selatan

Dengan Cara Profailing, Polda Papua Barat Jaring Calon Anggota Polri di Mansel

1 Mins read

MANSEL-Menumbuhkan minat dan bakat tehadapa institusi Kepolisian Republik Indonesia, Polda Papua Barat melakukan aksi penjaringan minat bakat untuk para peserta didik baik yang masih mengenyam pendidikan maupun yang telah menamatkan studinya di bangku Sekolah Menengah Atas yang berada di kabupaten Manokwari Selatan.

Kegiatan ini dikawal langsung Kabag Psikologi Biro SDM Polda Papua Barat Kompol Ary Krisdiantoro, M.Psi, dan berlangsung di ruangan Sekolah Dasar 30 Ransiki, pada Selasa(16/06/20) siang.

Kepada awak media, Kompol Ari Krisdiantoro menjelaskan bahwa penjaringan dilakukan jauh-jauh hari agar peluang maupun kekurangan dari calon anggota bisa diketahu.

“Jadi ini tes hari ini namanya profailing psikologi. Dan hasil tesnya akan kita sajikan kepada pa kapolres, pa kapolda bahkan sampai Mabes Polri. Jadi untuk profailing anak-anak yang dari Mansel akan dilakukan secara bertahap dan waktunya akan kita jadwalkan lagi. Sehingga hasilnya kita akan sampaikan melalui bahasa yang sederhana, misalkan ini ada peluang, ini tidak ada peluang dan solusinya seperti ini. Kan namanya polisi itu hitung-hitungan harus cepat karena hitung-hitungan itu esensinya berkaitan dengan daya nalar, reaksinya terhadap persoalan,”papar Kompol Ary.

Selanjutnya Dia menambahkan bahwa reaksi yang dimaksud itu seperti reaksi insting, misalkan orang melakukan pemukulan disaat tersebut respon yang bersangkutan apakah emosi dan membalas atau hanya sekedar emosi dan tidak boleh membalas karena yang bersangkutan seorang anggota kepolisian.
Jadi banyak orang yang melakukan hitung-hitungan cepat tetapi tidak reaktif, kita membutuhakan orang yang hitung-hitungan yang cepat dan matang.

“Bayangkan, seorang yang dulunya baru seragam SMA, sekarang sudah lulus polisi dan dipanggil bapak polisi. Jadi usianya boleh 18 tapi mentalnya sudah dewasa. Caranya gimana, yakni jauh-jauh hari kita sudah lakukan profailing(test) sehingga perkembangan psikologi sudah kita tau,” tambah Kompol Ary lagi.

Dirinya melanjutkan bahwa untuk penjaringan minta dan bakat kepolisian yang dilakukan saat itu direncanakan diikuti 31 orang namun karena cuaca dari pagi harinya hujan maka yang datang mengikuti kegiatan hanya 25 orang.

“Jadi yang hadir saat ini, ada yang tamat SMA, yang masih sekolah juga bisa ikut profailing. Jadi kita bawa alat profailing psikologi. Dan hasil profailingnya akan kita berikan kepada yang bersangkuatan mulai dari kelebihan maupun kekurangan. (MD

 

Related posts
Manokwari Selatan

Bangun Sinergi, Panwaslu Distrik Oransbari Sambangi Polsek Oransbari

2 Mins read
PENTUL,ORANSBARI- Pada Kamis, 26 Januari 2023, Ketua Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Distrik Oransbari Kabupaten Manokwari Selatan, Emanuel Nuba,SH bersama sejumlah anggotanya…
Manokwari Selatan

Pemda Mansel Lanjutkan Program Beras Jatah untuk PNS dari Oransbari

1 Mins read
PENTUL,MANSAEL-Bupati Manokwari Selatan (Mansel), Markus Waran akhirnya mengambil keputusan kembali lanjutkan program beras jatah bagi PNS dari beras lokal asal Oransbari. Keputusan…
Manokwari Selatan

Depan Bupati, Kornelia Koirewoa Sampaikan Masalah Penyaluran Beras Jatah PN

1 Mins read
PENTUL,MANSEL-Dalam pertemuan bersama forum komunikasi pimpinan daerah (forkopimda), dipimpin Bupati Manokwari Selatan, Markus Waran, Kabag Umum Setda Manokwari Selatan, Kornelia Koirewoa berkesempatan…
Power your team with InHype
[mc4wp_form id="17"]

Add some text to explain benefits of subscripton on your services.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *