NEW!New top class exclusive digital courses Read More

Manokwari Selatan

Di Tengah Pandemi, DPPO Mansel Genjot Pembangunan Infrastruktur Dasar Sekolah Menggunakan DAK

1 Mins read

MANSEL,PTC-Dalam masa sulit dilanda pandemi Corona, Dinas Pendidikan dan Dinas Kesehatan diwilayah Kabupaten Manokwari Selatan masih melakukan program fisik dari dana alokasi khusus dari Pusat.

Karena dana alokasi khusus (DAK) untuk pembangunan ifrastruktur dasar yang akan ditangani dua dinas tersebut tidak direlokasi, sehingga perencanaan awal tetap dieksekusi.

“Kegiatan Fisik di Dinas Pendidikan di Manokwari Selatan memang itu sudah menjadi instruksi dari menteri keuangan bahwa dana DAK hanya untuk dinas kesehatan dan pendidikan tetap berjalan. Jadi semua kegiatan fisik di dinas pendidikan tahun 2020 ini dari dana DAK semua berjalan,”jawab Christofel Mandacan kepada wartawan di Indoryeki belum lama ini.

Pembangunan fisik tahun 2020, Christofel kembali menjelaskan bahwa agenda pembangunan fisik dari DAK tesebut tersebar di sekolah-sekolah di lima distri, tapi distrik Ransiki memperoleh persentase lebih banyak.

“Hampir merata di lima distrik tapi persentase lebih banyak itu di kota Ransiki, itu karena dilihat dari IPM kita yang rendah terkait dengan dukungan fasilitas sekolah kita memang rendah disitu,”tukas Cris sapaan akrab Kadis PPO Mansel.

Sehingga dari pemerintahan pusat mengarahkan pembangunan fisik tahun ini di kota Ransiki lebih dari empat distrik lainnya.

Item jenis pembangunan dari DAK tersebut menurut Cris, seperti pembangunan ruang belajar, tempat mandi, cuci dan kakus (MCK), Usaha Kesehatan Sekolah (UKS), kemudian rehab rumah guru.

“Item jenis pembangunan seperti pembangunan mck sekolah, kemudian UKS, kemudian rehab rumah guru dan ruang belajar,”terang Cris.

Diantaranya, rehab dua rumah guru di Oransbari, tiga ruang belajar/kelas di Ransiki, dua kelas di Oransbari dan beberapa jenis kegiatan di sekolah lainnya. (MDR/R2

 

Related posts
Manokwari Selatan

Bangun Sinergi, Panwaslu Distrik Oransbari Sambangi Polsek Oransbari

2 Mins read
PENTUL,ORANSBARI- Pada Kamis, 26 Januari 2023, Ketua Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Distrik Oransbari Kabupaten Manokwari Selatan, Emanuel Nuba,SH bersama sejumlah anggotanya…
Manokwari Selatan

Pemda Mansel Lanjutkan Program Beras Jatah untuk PNS dari Oransbari

1 Mins read
PENTUL,MANSAEL-Bupati Manokwari Selatan (Mansel), Markus Waran akhirnya mengambil keputusan kembali lanjutkan program beras jatah bagi PNS dari beras lokal asal Oransbari. Keputusan…
Manokwari Selatan

Depan Bupati, Kornelia Koirewoa Sampaikan Masalah Penyaluran Beras Jatah PN

1 Mins read
PENTUL,MANSEL-Dalam pertemuan bersama forum komunikasi pimpinan daerah (forkopimda), dipimpin Bupati Manokwari Selatan, Markus Waran, Kabag Umum Setda Manokwari Selatan, Kornelia Koirewoa berkesempatan…
Power your team with InHype
[mc4wp_form id="17"]

Add some text to explain benefits of subscripton on your services.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *