NEW!New top class exclusive digital courses Read More

Manokwari Selatan

Saat Pembaretan Prajurit TNI AD, Pesona Telaga Jembatan Putus Curi Perhatian

2 Mins read

MANSEL,PTC- Pesona keindahan alam Telaga Jembatan Putus di Ransiki Pantai Kabupaten Manokwari Selatan (Mansel) Papua Barat berhasil mencuri perhatian ratusan pasang mata warga saat berlangsungnya tradisi pembaretan siswa pendidikan kejuruan tamtama (Dikmata) prajurit Karier TNI-AD gelombang II pada Sabtu (11/7/2020) pekan lalu di Ransiki.

Dari pantauan media ini, sejumlah warga yang hadir saat itu selekas menyaksikan pembaretan, ada yang tak kuat melihat pesona dan kecantikan Telaga Jembatan Putus tersebut.

Karena terpesona, beberapa dari warga yang ada tidak menyia-nyiakan waktu untuk mengambil foto panorama telaga yang masih alami, belum dipoles dengan ornamen wisata kekinian itu.

Disaksikan media ini, bahkan beberapa dari mereka tidak hanya satu atau dua kali saja mengambil foto menggunakan kamera HP dan sejenisnya meilik mereka kala itu. Tapi ada beberapa dari mereka mengambil foto berkali-kali.

Pesona telaga yang dipermanis lagi dengan keberadaan perahu nelayan yang berjejeran. Lalu terdapat juga rimbunan pohon pinus dan pohon manggrove.

Ditambah lagi dengan letaknya yang berhadapan langsung dengan bentangan laut Taman Nasional Teluk Cendrawasih yang biru sehingga keberadaannya benar-benar sebagai paket komplit wisat yang mampu membuat takjub mata siapapun yang memandangnya.

Paket komplit keindahan telaga itu pun mendapat pujian dari Elias Andi, seorang warga pengunjung saat itu.

Berbincang dengan media ini, Elias Andi, warga Ransiki ini menilai Telaga yang oleh warga setempat disebut dengan nama Telaga Jembatan Putus itu sebenarnya layak untuk di kelola menjadi salah satu tempat wisata favorit bagi warga di Ransiki ibu kota Kabupaten Mansel.

Sayangnya, potensi wisata tersebut belum diurus dengan baik sampai saat ini.

Tapi kedepannya, Dia menilai, jika Telaga Jembatan Putus Ransiki itu sangat potensial sebagai tempat wisata yang dapat mendatangkan pundi-pundi uang bagi daerah jika sudah dikelola.

Disamping itu, Andi berpendapat, dengan gencarnya pembangunan fasilitas penunjang seperti akses jalan ke tempat tersebut oleh pemerintahan setempat maka kedepannya tidak menutup kemungkinan potensi wisata itu akan disentuh dan dipoles oleh pemerintahan daerah sebagai salah satu lokasi wisata yang dekat dengan pusat pemerintahan Mansel.

Andi juga yakin, dengan keberadaan Telaga Jembatan Putus itu letaknya sangat dekat dengan jalan Trans Papua Barat, maka tempat itu akan menjadi tempat wisata primadona warga kota Ransiki dan warga luar Mansel, kedepannya.

“Pembangunan infrastruktur jalan menuju tempat itu yang telah dibangun oleh Pemda Mansel dan letaknya tidak jauh dari jalan umum akan menjadi primadona kedepan. Pembangunan jalan baru yang melintas samping atas telaga ini oleh pemerintah Manselvsaya pikir salah satu tujuannya adalah untuk menyentuh potensi ini juga,”tukas Andi.

Untuk diketahui, lokasi wisata Telaga ini juga tidak jauh dengan dua lokasi wisata lain seperti pantai bobo yang sudah sangat dikenal dikalangan warga Mansel selama ini. Kemudian ada juga lokasi wisata jembatan kayu tambatan perahu berada dibelakang pasar ikaln baru di muara Nopsi Ransiki yang selama ini juga sudah menjadi tempat orang untuk foto, keberadaan dua lokasi wisata itu kedepannya akan sangat mendukung potensi Telaga Jembatan Putus menjadi tujuan wisata lokal. Apa lagi akses jalan menuju lokasi wisata itu telah dibangun dan terkoneksi.(MDR/R2)

 

Related posts
Manokwari Selatan

Bangun Sinergi, Panwaslu Distrik Oransbari Sambangi Polsek Oransbari

2 Mins read
PENTUL,ORANSBARI- Pada Kamis, 26 Januari 2023, Ketua Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Distrik Oransbari Kabupaten Manokwari Selatan, Emanuel Nuba,SH bersama sejumlah anggotanya…
Manokwari Selatan

Pemda Mansel Lanjutkan Program Beras Jatah untuk PNS dari Oransbari

1 Mins read
PENTUL,MANSAEL-Bupati Manokwari Selatan (Mansel), Markus Waran akhirnya mengambil keputusan kembali lanjutkan program beras jatah bagi PNS dari beras lokal asal Oransbari. Keputusan…
Manokwari Selatan

Depan Bupati, Kornelia Koirewoa Sampaikan Masalah Penyaluran Beras Jatah PN

1 Mins read
PENTUL,MANSEL-Dalam pertemuan bersama forum komunikasi pimpinan daerah (forkopimda), dipimpin Bupati Manokwari Selatan, Markus Waran, Kabag Umum Setda Manokwari Selatan, Kornelia Koirewoa berkesempatan…
Power your team with InHype
[mc4wp_form id="17"]

Add some text to explain benefits of subscripton on your services.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *