NEW!New top class exclusive digital courses Read More

Manokwari Selatan

Tegas, BPOM Segel Satu Apotek di Mansel

1 Mins read

MANSEL,PTC-Balai Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Papua Barat dikabarkan telah melakukan penyegelan terhadap salah satu apotek yang ada di Ransiki ibu Kabupaten Manokwari Selatan (Mansel) belum lama ini.

Kabid SDMK Dinas Kesehatan Mansel, Derek Rumbarar benarkan informasi tersebut saat dihubungi awak media di Ransiki.

Penyegelan apotek yang terletak di kompleks Ambon kampung Abreso tersebut menurut Derek Rumbarar, karena dinilai apatasis atau tidak memperbaiki kesalahaan setelah beberapa kali diberi peringatan oleh BPOM.

“Sudah beberapa kali ada peringatan dan informasi dikasi tahu kepada apotek tersebut untuk ditaati, beberapa hal aturan-aturan yang harus dipenuhi sesuai rekomendasi Balai Pom melalui Dinas Kesehatan Mansel, tapi tidak ada perubahan, kemarin balai POM turun bersama tim dari dinas kesehatan Mansel bidang terkait, jadi disegel sementara waktu,”beber Rumbarar kepada awak media di Ransiki.

Setelah penyegelan pihak apotek diberi waktu untuk perbaikan kesalahan, jika tidak akan ditutup permanen.

“Sambil menunggu jika ada perubahan dari apotik bersangkutan, baru segel bisa dibuka kembali,”kata Rumbarar.

Rumbarar menyampaikan, kesalahan yang berulang oleh apotek tersebut dan berujung dengan penyegelan adalah karena pihak apotek tersebut tidak menempatkan tenaga apoteker, sehingga dikuatirkan akan memberi obat yang tidak tepat kepada masyarakat (pembeli).

“Salah satu kesalahannya itu adalah pemberian obat tidak dengan tenaga kesehatan atau terlati bidang kefarmasian yang seharusnya ada disitu untuk memberi obat tapi hanya masyarakat awam,”terangnya.

Dikuatirkan kata Rumbarar, jika salah memberi obat maka akan berakibat fatal bagi masyarakat yang membeli obat. (MDR/R2)

 

Related posts
Manokwari Selatan

Bangun Sinergi, Panwaslu Distrik Oransbari Sambangi Polsek Oransbari

2 Mins read
PENTUL,ORANSBARI- Pada Kamis, 26 Januari 2023, Ketua Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Distrik Oransbari Kabupaten Manokwari Selatan, Emanuel Nuba,SH bersama sejumlah anggotanya…
Manokwari Selatan

Pemda Mansel Lanjutkan Program Beras Jatah untuk PNS dari Oransbari

1 Mins read
PENTUL,MANSAEL-Bupati Manokwari Selatan (Mansel), Markus Waran akhirnya mengambil keputusan kembali lanjutkan program beras jatah bagi PNS dari beras lokal asal Oransbari. Keputusan…
Manokwari Selatan

Depan Bupati, Kornelia Koirewoa Sampaikan Masalah Penyaluran Beras Jatah PN

1 Mins read
PENTUL,MANSEL-Dalam pertemuan bersama forum komunikasi pimpinan daerah (forkopimda), dipimpin Bupati Manokwari Selatan, Markus Waran, Kabag Umum Setda Manokwari Selatan, Kornelia Koirewoa berkesempatan…
Power your team with InHype
[mc4wp_form id="17"]

Add some text to explain benefits of subscripton on your services.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *