NEW!New top class exclusive digital courses Read More

Manokwari Selatan

Sosialisasi Paslon dan Kotak Kosong Bukan Tugas KPU

1 Mins read

PENTUL, Ransiki – Ketua KPU Manokwari Selatan, Drs. Anthon J. Wopari mengungkapkan bahwa sejauh ini pihaknya masih terus berupaya melakukan sosialisasi kepada masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya dalam Pilkada Mansel yang pelaksanaannya kurang dari dua hari kedepan.

Dia mengungkapkan, berbagai macam cara telah digunakan oleh pihaknya untuk mensosialisasikan hal tersebut mulai dari mencetak spanduk, umbul-umbul dan membentuk Relawan Demokrasi (Relasi) untuk mengkampanyekan pentingnya masyarakat menyalurkan hak pilihnya pada tanggal 9 Desember mendatang.

Itu semua dilakukan KPU Mansel dengan tujuan untuk meningkatkan partisipasi pemilih di daerah tersebut.

Ditanyai soal adanya tudingan bahwa KPU Mansel kurang memberikan sosialisasi tentang kotak kosong di Pilkada Kabupaten Manokwari Selatan, Wopari mengemukakan bahwa sosialisasi tersebut bukanlah rana dari KPU.

Menurutnya, KPU adalah lembaga independen dan netral. Jika KPU melakukan sosialsasi agar masyarakat memilih pasangan calon atapun kotak kosong itu berarti KPU masuk dalam tim sukses dan tim pemenangan.

Diapun menegaskan bahwa KPU mansel selaku penyelenggara Pilkada akan tetap bersikap netral dalam pelaksanaan Pilkada di daerah tersebut.

“Soal kotak kosong, itu bukan tugas KPU untuk memberikan sosialisasi, tidak ada aturan yang mengharuskan KPU untuk mensosialisasikan kotak kosong ataupun pasangan calon” tegas Wopari saat ditemui di Kantor KPU Mansel, Senin (07/12).

Aturan yang sebenarnya kata Wopari adalah KPU memfasilitasi dengan cara membuatkan jadwal kampanye, aturan tentang kampanye dan memberikan ruang kepada pasangan calon untuk menyampaikan visi-misinya melalui media.

“Seperti debat yang sudah kita lakukan dua kali kemarin, dan aturan ini berlaku untuk semua daerah di Indonesia yang akan melaksanakan Pilkada secara serentak” tegasnya.

Wopari pun mengatakan siapapun boleh saja mengkrtisi KPU Mansel asalkan harus disertai dengan bukti dan fakta.

“Boleh saja ngomong tapi harua sesuai fakta. sebagai bukti hasil dari sosialisasi yang kita lakukan pada Pemilu terakhir tahub 2019 lalu, Manokwari Selatan ini yang terbaik se Papua Barat dengan partisipasi pemilihnya lebib dari 80 persen. Dan kami dapat penghargaan dari KPU RI atas pencapaian itu” ujarnya.

Sekali lagi dia menegaskan bahwa untuk sosialiasi pasangan calon ataupun kotak kosong bukanlah tugas dari KPU.

“Tugas KPU adalah mengajak masyarakat untuk datang ke tps menyalurkan hak pilihnya supaya terjadi proses proses demokrasi dalam pemilihan kepala daerah yang dipilih langsung oleh masyarakat” pungkasnya. (Abe/Mdr)

 

Related posts
Manokwari Selatan

Bangun Sinergi, Panwaslu Distrik Oransbari Sambangi Polsek Oransbari

2 Mins read
PENTUL,ORANSBARI- Pada Kamis, 26 Januari 2023, Ketua Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Distrik Oransbari Kabupaten Manokwari Selatan, Emanuel Nuba,SH bersama sejumlah anggotanya…
Manokwari Selatan

Pemda Mansel Lanjutkan Program Beras Jatah untuk PNS dari Oransbari

1 Mins read
PENTUL,MANSAEL-Bupati Manokwari Selatan (Mansel), Markus Waran akhirnya mengambil keputusan kembali lanjutkan program beras jatah bagi PNS dari beras lokal asal Oransbari. Keputusan…
Manokwari Selatan

Depan Bupati, Kornelia Koirewoa Sampaikan Masalah Penyaluran Beras Jatah PN

1 Mins read
PENTUL,MANSEL-Dalam pertemuan bersama forum komunikasi pimpinan daerah (forkopimda), dipimpin Bupati Manokwari Selatan, Markus Waran, Kabag Umum Setda Manokwari Selatan, Kornelia Koirewoa berkesempatan…
Power your team with InHype
[mc4wp_form id="17"]

Add some text to explain benefits of subscripton on your services.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *