NEW!New top class exclusive digital courses Read More

Manokwari Selatan

Resmi Jabat Ketua DAD Mansel, Waran Fokus Tiga Sektor

1 Mins read

Markus Waran saat pemasangan seng pertama salah satu gereja di Tahota/dok/Lio

PENTUL, MANSEL-Markus Waran resmi dilantik sebagai Ketua Dewan Adat Daerah (DAD) Kabupaten Manokwari Selatan (Mansel) pada Musyawarah Dewan Adat Daerah 17-18 September lalu.

Saat dikonfidmasi, Markus Waran yang juga Bupati Mansel tersebut mengungkapkan, dirinya akan fokus pada tiga sektor utama untuk meningkatkan kesejahteraan Orang Asli Papua (OAP) yang ada di Mansel.

“Pertama harus ekonominya baik, terus pendidikannya baik dan yang terakhir kesehatannya baik. Ini yang harus kedepan harus kita musyawarahkan bersama dengan DAS tingkat distrik,” tuturnya.

Waran menegaskan, OAP ini merupakan kelompok masyarakat yang harus diperhatikan secara serius oleh pemerintah.

“Mereka inilah yang mempunyai hak adat wilayah di Mansel. Sehingga dewan adat ini harus terlibat juga dalam pembangunan daerah dalam pendekatan kearifan lokal,” ujarnya.

Ditekankan Waran, peran dewan adat dalam pembangunan daerah akan dimulai saat awal perencanaan (Musrenmbang), sehingga dewan ada bisa menilai ataupun memberi masukan dalam arah pembangunan daerah.

“Ini nanti dewan ada bisa berkordinasi dengan aparat pemerintah pada tingkat distrik maupun tingkat kampun. Intinya sinergisitas antara pemerintah dan dewan ada harus berjalan baik, untuk memastikan pembangunan daerah bisa berjalan baik pula,” tukasnya.(LIO)

 

Related posts
Manokwari Selatan

Bangun Sinergi, Panwaslu Distrik Oransbari Sambangi Polsek Oransbari

2 Mins read
PENTUL,ORANSBARI- Pada Kamis, 26 Januari 2023, Ketua Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Distrik Oransbari Kabupaten Manokwari Selatan, Emanuel Nuba,SH bersama sejumlah anggotanya…
Manokwari Selatan

Pemda Mansel Lanjutkan Program Beras Jatah untuk PNS dari Oransbari

1 Mins read
PENTUL,MANSAEL-Bupati Manokwari Selatan (Mansel), Markus Waran akhirnya mengambil keputusan kembali lanjutkan program beras jatah bagi PNS dari beras lokal asal Oransbari. Keputusan…
Manokwari Selatan

Depan Bupati, Kornelia Koirewoa Sampaikan Masalah Penyaluran Beras Jatah PN

1 Mins read
PENTUL,MANSEL-Dalam pertemuan bersama forum komunikasi pimpinan daerah (forkopimda), dipimpin Bupati Manokwari Selatan, Markus Waran, Kabag Umum Setda Manokwari Selatan, Kornelia Koirewoa berkesempatan…
Power your team with InHype
[mc4wp_form id="17"]

Add some text to explain benefits of subscripton on your services.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *