NEW!New top class exclusive digital courses Read More

Manokwari Selatan

Latsar Pertama CPNS Mansel Resmi Ditutup, Jadilah PNS Dengan Jiwa Pengabdian Tinggi

2 Mins read

PENTUL, MANSEL-Latsar pertama CPNS golongan II dan III dilingkup pemerintah kabupaten Manokwari Selatan resmi berakhir, Jumat (03/12/2021).

Penutupan latrsar dilakukan di Aula Baypas Lahiroy Ransiki, pada Jumat (03/12/2021) pagi oleh Bupati Manokwari Selatan Markus Waran, ST. M. Si didampingi Wakil Bupati, Wempi Welli Rengkung, SE. M. Si.

Diketahui, Latsar pertama tersebut diikuti 872 CPNS, diantaranya 845 CPNS Kabupaten Manokwari Selatan formasi 2018, serta 27 peserta lainnya berasal dari KPU Provinsi Papua Barat.

Kepala BPSDM Papua Barat, Drs. Eduard Nunaki, mengatakan bahwa kegiatan Latsar CPNS Mansel dilaksanakan selama kurang lebih 18 hari on kampus dan 30 hari of kampus.

Menurut penjelasan Nunaki, latsar CPNS ini merupakan awal melatih diri bagaimana bekerja yang benar, membuat laporan yang benar, menyelesaikan tugas-tugas yang diberikan pimpinan.

“Itulah yang diajarkan oleh para fasilitator melalui aktualisasi selama 30 hari. Selama itu para CPNS melakukan latihan kerja,” penjelasannya.

“Kami berharap apa yang telah dicapai bukan menjadi satu syarat sebagai kelulusan tetapi apa yang telah dicapai itu dipegang dan terus ditekuni untuk melaksanakan tugas dan tanggung jawab sehingga dapat mendukung visi misi kepala daerah,” timpal Nunaki.

Dirinya selaku kepala BPSDM Papua Barat juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada Bupati dan Wakil Bupati, telah berkonsentrasi membiayai penyelenggaraan Diklat ini. Selanjutnya, menurutnya waktu CPNS hanya satu tahun untuk bisa menyelesaikan masa calon pegawai bagi CPNS.

Dirinya menambahkan,
kepercayaan yang telah diberikan oleh bupati dan wakil kepada para CPNS ini agar dijaga dengan melaksanakan tugas dengan baik, sehingga visi dan misi Bupati Manokwari Selatan boleh sukses.

Sementara Bupati Manokwari Selatan, Markus Waran, dalam sambutannya mengatakan, bahwa kompetensi PNS sebagai pelayan masyarakat yang profesional yang diindikasikan dengan kemampuan mengaktualisasikan nilai dasar yaitu, kemampuan wujudkan akuntabilitas dalam melaksanakan tugas jabatannya, kemampuan mengedepankan kepentingan nasional dalam pelaksanaan tugas jabatan, kemampuan menjunjung tinggi standar etika publik dalam pelaksanaan tugas jabatannya serta, kemampuan berinovasi untuk peningkatan mutu pelaksanaan tugas dan jabatannya, dan kemampuan untuk tidak korupsi guna mendorong percepatan pemberantasan korupsi di lingkungan instansi.

Nilai dasar latsar CPNS golongan 2 dan 3 menurutnya, jika CPNS sudah memiliki kemampuan menganalisis dampak dari lima nilai dasar tersebut telah dimiliki peserta selama mengikuti latsar selama 18 hari dan 30 hari non kampus.

“latsar CPNS tahun 2021 ini merupakan model baru sesuai peraturan Kepala lembaga administrasi negara (LAN) nomor 1 tahun 2021 diatas maka tentunya inilah model baru yang tidak sama dengan sebelumnya. Saya yakin selama saudara mengikuti latsar saudara-saudara telah dibekali dengan 5 nilai-nilai dasar profesi PNS yaitu akuntabilitas, nasionalisme, etika publik, komitmen mutu dan anti korupsi, yang selanjutnya
dengan sistem pola baru ini menghasilkan pegawai negeri sipil yang berkualitas dan memiliki jiwa semangat pengabdian yang tinggi serta bersaing di era modernisasi terus berkembang seiring dengan peningkatan ilmu pengetahuan dan teknologi yang merambat dalam berbagai aspek kehidupan manusia,”tukas Waran.

Untuk diketahui, dalam laporan panitia mengatakan dari total 872 peserta CPNS tersebut, ada 3 orang yang dinyatakan tidak lulus dan mereka yang tidak lulus tersebut harus mengikuti atau mengulang kembali kegiatan Latsar 15 sesudah kegiatan Penutupan latsar CPNS tahun 2021.[LIO]

Related posts
Manokwari Selatan

Berlangsung Meriah; Bupati Markus Waran Lepas Rombong Takbir di Ransiki, Wabup Rengkung di Oransbari

2 Mins read
PENTUL,MANSEL-Bupati Manokwari Selatan (Mansel), Markus Waran, melepas rombongan takbir keliling umat muslim Ransiki, pada Minggu malam (1 Mei 2022). Rombongan takbiran dalam…
Manokwari Selatan

Selain Ransiki & Oransbari, Malam Takbir Juga Dilaksanakan di Momi Waren

1 Mins read
PENTUL, MANSEL,- Menyambut hari raya Idul Fitri 1 Syawal 1443 H, umat muslim yang mendiami distrik Momi Waren Kabupaten Manokwari Selatan melaksanakan…
Manokwari Selatan

23 Putra Putri Mansel Terlibat Seleksi Calon Paskibraka Tingkat Nasional

1 Mins read
PENTUL, MANSEL-Sebantak 23 siswa siswi dari sejumlah SMA/SMK di Kabupaten Manokwari Selatan mengikuti seleksi calon Paskibraka Tingkat Nasional Provinsi Papua Barat yang…
Power your team with InHype
[mc4wp_form id="17"]

Add some text to explain benefits of subscripton on your services.

Leave a Reply

Your email address will not be published.