NEW!New top class exclusive digital courses Read More

Manokwari Selatan

Iman T. Adianto : Pengawasan WNA menjadi Tanggungjawab Bersama

1 Mins read

Rapat Koordinasi (Rakor) Tim Pengawasan Orang Asing (PORA) Tingkat Distrik, di Kabupaten Manokwari Selatan (Mansel), di Aula Hotel Srikandi Ransiki, Rabu (9/3/2022). (Foto: IST)

PENTUL,RANSIKI-Kepala Kantor Imigrasi Manokwari, Iman Teguh Adianto, menegaskan bahwa pengawasan terhadap keberadaan Warga Negara Asing (WNA) di Kabupaten Manokwari Selatan (Mansel) bukan menjadi tanggungjawab Kantor Imigrasi semata melainkan jadi tanggungjawab bersama semua stakeholder.

Pesan tersebut juga ditujuhkan kepada Tim Pengawasan Orang Asing (PORA) tingkat distrik di Manokwari Selatan dalam acara Rakor antara Kantor Imigrasi Manokwari dengan Tim Pengawasan Orang Asing (PORA) Tingkat Distrik, di Kabupaten Manokwari Selatan (Mansel), Rabu (9/3/2022) lalu.

Menurut Iman,  perlu Ia sampaikan hal tersebut pada momen yang tepat, momen Rakor yang bertujuan memberikan pemahaman tentang keimigrasian kepada semua stakeholder.

“Intinya begini, ini rumah kita. Kembali lagi, kedepan, orang asing yang masuk ke wilayah Indonesia adalah orang asing yang bermanfaat untuk Indonesia. Sehingga keberadaannya perlu diawasi,” tukasnya.

Apabila kedapatan orang asing mengganggu ketertiban, sebaiknya sambuung Iman, “Laporkan kepada kami, nanti kami akan mengambil tindakan,” tegasnya di Aula Hotel Srikandi Ransiki.

“Artinya, semua stakeholder harus tahu, berapa sih jumlah orang asing yang ada di wilayahnya,”jelasnya.
Meski mengakui jumlah orang asing sangat sedikit, Iman juga tidak menampik, selalu ada masalah dalam pengawasan selama ini salah satunya masalah pendataan, yakni adanya perbedaan data antara stakeholder yang satu dengan yang lainnya. “Nah kita ingin ada sinergi supaya data itu satu,”pintanya.

Sebelumnya, Kabid Inteldakim Kakanim Manokwari Buono Adi Sucipto dalam sambutannya menerangkan, Rakor Tim PORA 2022 kali ini dengan tema “Sinergitas Tim Pora Dalam Tatanan Kehidupan Baru Menuju Penegakan Hukum Keimigrasian PASTI”.
“Lalu lintas orang asing yang keluar dan masuk wilayah Indonesia, harus disikapi dengan meningkatkan kewaspadaan akan dampak negatif berupa kejahatan lintas negara yang terorganisir (Transnational Organized Crimes),” ujarnya.
Sehingga kata Sucipto, perlu adanya penguatan pelaksanaan fungsi pengawasan dan penegakan hukum secara konsisten dan berkesinambungan dengan melibatkan pihak-pihak terkait.

“Dengan adanya Tim PORA ini, menjadi sarana dan wadah bagi kita bersama, untuk saling bertukar informasi dan pengetahuan, memberikan saran dan pertimbangan. Untuk dapat kita jadikan solusi bersama dalam menangani permasalahan orang asing,” paparnya.
Hadir dalam kegiatan tersebut, sejumlah pejabat Kantor Imigrasi Manokwari lainnya, para Danramil dan Kapolsek se-Kabupaten Mansel, serta kepala-kepala distrik dan pejabat distrik se-Kabupaten Mansel.(***LIO)

 

Related posts
Manokwari Selatan

Bangun Sinergi, Panwaslu Distrik Oransbari Sambangi Polsek Oransbari

2 Mins read
PENTUL,ORANSBARI- Pada Kamis, 26 Januari 2023, Ketua Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Distrik Oransbari Kabupaten Manokwari Selatan, Emanuel Nuba,SH bersama sejumlah anggotanya…
Manokwari Selatan

Pemda Mansel Lanjutkan Program Beras Jatah untuk PNS dari Oransbari

1 Mins read
PENTUL,MANSAEL-Bupati Manokwari Selatan (Mansel), Markus Waran akhirnya mengambil keputusan kembali lanjutkan program beras jatah bagi PNS dari beras lokal asal Oransbari. Keputusan…
Manokwari Selatan

Depan Bupati, Kornelia Koirewoa Sampaikan Masalah Penyaluran Beras Jatah PN

1 Mins read
PENTUL,MANSEL-Dalam pertemuan bersama forum komunikasi pimpinan daerah (forkopimda), dipimpin Bupati Manokwari Selatan, Markus Waran, Kabag Umum Setda Manokwari Selatan, Kornelia Koirewoa berkesempatan…
Power your team with InHype
[mc4wp_form id="17"]

Add some text to explain benefits of subscripton on your services.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *