NEW!New top class exclusive digital courses Read More

Manokwari Selatan

Tepat pada HUT YPK ke 60 Badan Pengurus YPK Manokwari Selatan  Dikukuhkan

2 Mins read

PENTUL,RANSIKI-Badan Pengurus Yayasan Pendidikan Kristen (YPK) periode 2022 s/d 2027 resmi dikukuhkan.  Pengukuhan dilakukan  usai ibadah syukuran hari ulang tahun Yayasan Pendidikan Kristen (YPK) di Tanah Papua ke 60 tahun di Gereja Petrus Abreso, Klasis Ransiki, GKI di Tanah Papua, Selasa (8/3/2022).

Pada momen yang dihadiri langsung Wakil Bupati Manokwari Selatan, Wempi Welly Rengkung, S.E, M.Si didampingi Kapolres Manokwari Selatan, AKBP Tolopon Tambok Simanjuntak S.I.K ,M.Si, dan ketua Kalsis Ransiki, Pdt. Frans Mofu, panitia kegiatan juga melakukan Penjemaatan Sekolah-Sekolah YPK (PAUD, TK, SD, SMP DAN SMK) Kabupaten Manokwari Selatan.

Melalui sambutannya, Wempi Rengkung, mengapresiasi partisipasi 60 tahun berdirinya YPK telah memberikan kontribusi bagi Tanah Papua dan Manokwari Selatan secara khusus melalui bidang pendidikan.

Fakta membuktikan banyak pejabat daerah  saat ini berkarya dilingkungan Pemda Manokwari Selatan hasil dari proses pendidikan  Yayasan Pendidikan Kristen (YPK) selama berkipra 60 tahun, dengan demikian mari kita bersama-sama membangun daerah ini,  dengan mendukung program YPK yang bertujuan membangun Sumber Daya Manusia (SDM) di wilayah Kabupaten Manokwari Selatan.

“Dengan pengukuhan hari ini adalah hari bersejarah bagi Manokwari Selatan, kita berharap dan mendukung agar YPK terus berkipra meningkatkan dunia pendidikan,” kata Rengkung.

Rengkung menerangkan, dengan pengelamam panjang YPK dengan berbagai tantangan keterbatasan masa lalau namun tetap memberikan yang terbaik, maka YPK pada masa kini juga diyakininya mampu berkolaborasi dan mengimbangi kemajuan teknologi bagi dunia pendidikan.

Kepada PSW YPK yang baru saja dilantik Rengkung minta, mempu membawa YPK dalam persaingan  dengan melahirkan generasi muda yang handal dan berdaya saing.

Rengkung juga mengingatkan pengurus YPK agar dalam menjalankan program dan aktivitas pendidikan tetap memperhatikan perkembangan situasi Pandemi Covid-19 yang sedang terjadi dengan melakukan langkah-langkah penerapan protokol kesehatan dalam memutuskan mata rantai penyebaran Covid-19 yang terus menjadi momok bagi manusia akhir-akhir ini.

“Kita harus berupaya semaksimal mungkin untuk menerapkan protokol kesehatan guna menjaga dan melindungi anak-anak kita dari Pandemi Covid-19, namun tetap melindungi kecakapan,”

Tidak jauh berbeda dengan Wakil Bupati,  Drs. Jan Ihalau  (Direktur Eksekutif BP YPK GKI di Tanah Papua),  menyampaikan, pendidikan di Tanah Papua atau Irian Barat pada masa lampau melalui dokumen sejarah pendidikan membuktikan bahwa YPK adalah Pewaris pendidikan masa lampau,  di mulai sejak tahun 1856 di Mansinam dengan Metodologi pembelajaran baca, tulis, menghitung (Calistung), serta latihan keterampilan kerja bagi anak usia sekolah. Demikian pula pendidikan formal yang di gagas oleh Zendiling berkebangsaan Eropa dimulai pada tahun 1925 hingga tahun 1958 dengan pola pendekatan yang berorientasi pada perubahan budaya.

Dengan demikian tidak dapat dipungkiri bahwa YPK adalah Pioner Pendidikan (Education Pioner) dan pembukaan tabir kegelapan (Opener of Darkness) di Tanah Papua. (LIO)

 

Related posts
Manokwari Selatan

Bangun Sinergi, Panwaslu Distrik Oransbari Sambangi Polsek Oransbari

2 Mins read
PENTUL,ORANSBARI- Pada Kamis, 26 Januari 2023, Ketua Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Distrik Oransbari Kabupaten Manokwari Selatan, Emanuel Nuba,SH bersama sejumlah anggotanya…
Manokwari Selatan

Pemda Mansel Lanjutkan Program Beras Jatah untuk PNS dari Oransbari

1 Mins read
PENTUL,MANSAEL-Bupati Manokwari Selatan (Mansel), Markus Waran akhirnya mengambil keputusan kembali lanjutkan program beras jatah bagi PNS dari beras lokal asal Oransbari. Keputusan…
Manokwari Selatan

Depan Bupati, Kornelia Koirewoa Sampaikan Masalah Penyaluran Beras Jatah PN

1 Mins read
PENTUL,MANSEL-Dalam pertemuan bersama forum komunikasi pimpinan daerah (forkopimda), dipimpin Bupati Manokwari Selatan, Markus Waran, Kabag Umum Setda Manokwari Selatan, Kornelia Koirewoa berkesempatan…
Power your team with InHype
[mc4wp_form id="17"]

Add some text to explain benefits of subscripton on your services.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *