NEW!New top class exclusive digital courses Read More

Manokwari Selatan

TPA Sampah Permanen Belum Ada, Pembuangan Sampah Sementara Dialihkan ke Lokasi Ini

1 Mins read

PENTUL,MANSEL-Akibat lahan pembuangan akhir sampah di Hamawi masih dipalang warga sekitar lokasi. Untuk sementara waktu aktivitas pembuangan sampah dialihkan ke lokasi pembuangan sampah sementara di Kampung Persiapan Waran, Distrik Ransiki.

Hal ini dibenarkan kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Manokwar Selatan, Christofol R. Mandacan kepada awak media di Ransiki akhir pekan lalu.

Menurut Cristofiol, akibat pemalangan berlangsung beberapa hari lalu, membuat petugas kebersihan DLH tidak bisa melakukan pengangkutan sampah di rumah-rumah masyarakat dan hasilnya sampah rumah tangga sempat menumpuk di Pasar Kenangan Ransiki.

Beruntungnya, Mandacan mengaku, penumpukan sampah dipasar dapat dipindahkan setelah pemilik lahan di kampung Waran Persiapan bersedia untuk jadikan lahannya sebagai tempat pembuangan sampah sementar.

“Mulai hari ini kita kembali lakukan pengangkutan sampah tetapi tidak dibuang lagi ke TPS Hamawi, kita buang ke lokasi pembuangan sementara di Kampung Persiapan Waran,” kata Mandacan kepada wartawan di Ransiki, Jumat (22/4).

Singgung soal TPS Hamawi, dia menyatakan, TPS Hamawi tidak layak dijadikan tempat pembuangan sampah, karena potensi terjadi pencemaran lingkungan.

Dirinya mengaku, suka tidak suka, pihaknya akan segera berkoordinasi dengan Kepala daerah supaya ada solusi lain untuk mencari TPS yang baru.

“TPS Hamawi itu lahan Pemda dan sudah dibayar Rp 650 juta, karena kalau sudah dilakukan pemalangan ujung-ujungnya minta ganti rugi lagi, kita cari lokasi baru saja,” tukas dia.

Disiingung soal lahan calon TPA permanen, Cristofol tidak memberikan tanggapan hal tersebut. Saat ini yang terpenting adalah bagaimana pihaknya dapat memastikan sampah di rumah warga maupun di pasar tidak menumpuk.

“Intinya bagi dinas lingkungan hidup itu bagaiman sampah di rumah warga maupun di pasar tidak menumpuk. Itu saja. Kalau soal lahan baru bukan urusan lingkungan hidup, ” pungkasnya. [LIO]

Related posts
Manokwari Selatan

Berlangsung Meriah; Bupati Markus Waran Lepas Rombong Takbir di Ransiki, Wabup Rengkung di Oransbari

2 Mins read
PENTUL,MANSEL-Bupati Manokwari Selatan (Mansel), Markus Waran, melepas rombongan takbir keliling umat muslim Ransiki, pada Minggu malam (1 Mei 2022). Rombongan takbiran dalam…
Manokwari Selatan

Selain Ransiki & Oransbari, Malam Takbir Juga Dilaksanakan di Momi Waren

1 Mins read
PENTUL, MANSEL,- Menyambut hari raya Idul Fitri 1 Syawal 1443 H, umat muslim yang mendiami distrik Momi Waren Kabupaten Manokwari Selatan melaksanakan…
Manokwari Selatan

23 Putra Putri Mansel Terlibat Seleksi Calon Paskibraka Tingkat Nasional

1 Mins read
PENTUL, MANSEL-Sebantak 23 siswa siswi dari sejumlah SMA/SMK di Kabupaten Manokwari Selatan mengikuti seleksi calon Paskibraka Tingkat Nasional Provinsi Papua Barat yang…
Power your team with InHype
[mc4wp_form id="17"]

Add some text to explain benefits of subscripton on your services.

Leave a Reply

Your email address will not be published.