NEW!New top class exclusive digital courses Read More

Manokwari

Hadapi Resesi 2023 : Pemberdayaan UKM Penting Dalam Pembangunan Ekonomi Daerah dan Nasional

1 Mins read

PENTUL,MANSEL-Wakil Bupati, Manokwari Selatan (Mansel), Wempi Welly Rengkung menyampaikan, pemberdayaan usaha kecil dan menengah (UKM) sangat penting dalam pembangunan ekonomi daerah maupun nasional.

Hal tersebut disampaikan Rengkung saat membuka kegiatan sosialisasi kewirausahaan tahun 2022 oleh Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Provinsi Papua Barat di Ransiki, Kamis, 1 Desember 2022.

Dijelaskan Rengkung mengapa pemberdayaan UKM sangat penting, karena telah terbukti hanya UKM yang bertahan menopang ekonomi bangsa saat terjadi krisis ekonomi tahun 1998.

Disamping itu, dalam mewujudkan masyarakat yang adil dan makmur maka Usaha Kecil Menengah lagi-lagi menjadi bagian tak terpisahkan dengan kehidupan dalam peningkatan kesejahteraan hidup bagi masyarakat.

Dan juga, potensi dan peran strategi dari usaha mikro dan kecil menengah (UMKM) selama ini telah terbukti menjadi penopang kekuatan bagi pertumbuhan ekonomi nasional selama ini.

Dengan begitu Rengkung berharap, keterlibatan semua unsur usaha terutama dari generasi muda, mahasiswa dan masyarakat untuk memberi apresiasi positif mendorong pertumbuhan pengembangan UMKM, usaha kreatif kearah pertumbuhan dan pengembangan wirausaha muda potensial terutama di Manokwari Selatan kedepan.

“Pelaksanaan sosialisasi ini bertujuan menciptakan karakter karakter wirausaha yang tangguh dan handal, memiliki daya kreatifitas dan inovasi yang tinggi sehingga mampu bersaing di tengah globalisasi Indonesia khususnya dapat memulihkan perekonomian di kabupaten Manokwari Selatan,” kata Rengkung.

Disamping itu, masih tingginya angka pengangguran akibat dampak Covid 19, sehingga tak sedikit kaum muda yang masih berminat untuk menjadi wirausaha.

Apalagi tambah Rengkung, sesuai dengan pidato Presiden Indonesia bahwa tahun 2023 Indonesia di prediksi masuk ke dalam resesi ekonomi dan akan mengalami krisis ekonomi.

Maka dengan sosialisasi ini Rengkung berharap, dapat memberikan pemahaman dalam meningkatkan semangat dan mental wirausaha disemua kalangan termasuk kalangan wirausaha muda UKM.

Juga melalui kegiatan ini pengusaha di Manokwari Selatan dapat meningkatkan pengetahuan manajemen usaha dengan baik.

Sehingga usaha dapat maju dan memberi dampak positif bagi pembangunan kabupaten Manokwari Selatan.

Diujung sambutannya, Rengkung menambahkan bahwa pemerintah daerah akan terus berupaya membangun ketahanan ekonomi masyarakat terutama pasca Covid 19.

Seperti pemberian bantuan peralatan serta pembinaan melalui kelompok usaha, melalui pendidikan, pelatihan, sosialisasi maupun kegiatan lainnya.

“Kesemuanya itu dilakukan untuk peningkatan kesempatan kerja dalam rangka mewujudkan kesejahteraan masyarakat terkhususnya di Manokwari Selatan,” pungkasnya.(LIO)

 

Related posts
Manokwari

Pj Gubernur PB Minta PA dan KPA Benahi Organisasi PBJ

1 Mins read
MANOKWARI,- Bimbingan Teknis (Bimtek) Kebijakan dan Tata Cara Pelaksanaan E-purchasing Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah pada Katalog Elektronik Lokal yang digelar Biro…
Manokwari

2023, 22 Ribu Pekerja Rentan Di Manokwari Dilindungi Pemerintah Daerah Melalui BPJS Ketenagakerjaan

1 Mins read
PENTUL,MANOKWARI-BPJAMSOSTEK (BPJS Ketenagakerjaan) Cabang Manokwari menggelar rapat pembahasan data peserta program jaminan sosial ketenagakerjaan bagi pekerja rentan bersama beberapa pimpinan Organisasi Perangkat…
Manokwari

Dishub PB Bangun 7 Terminal Tipe B, 3 Diantaranya Tahap Penyelesaian

2 Mins read
PENTUL,MANOKWARI-Dalam rangka penataan arus transportasi yang lebih memadai sesuai kebutuhan masyarakat dan daerah di Papua Barat. Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Papua Barat…
Power your team with InHype
[mc4wp_form id="17"]

Add some text to explain benefits of subscripton on your services.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *