NEW!New top class exclusive digital courses Read More

Manokwari

Dishub PB Bangun 7 Terminal Tipe B, 3 Diantaranya Tahap Penyelesaian

2 Mins read

PENTUL,MANOKWARI-Dalam rangka penataan arus transportasi yang lebih memadai sesuai kebutuhan masyarakat dan daerah di Papua Barat. Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Papua Barat tengah membangun 7 termin tipe B di 7 Kabupaten / Kota di Papua Barat.

Diketahui, dari 7 terminal tipe B yang tengah dibangun tersebut, ada tiga diantaranyadalam tahap penyelesaian. Yaitu terminal Wosi Manokwari, Terminal Teluk Bintuni dan Kota Sorong.

Hal tersebut terungkap dalam acara sosialisasi kewenangan pengelolaan terminal tipe B se Provinsi Papua Barat yang berlangsunng di kota Sorong, Selasa (13/12) seperti dikutip dari rilis yang diterima media ini.

Dalam acara sosialisasi tata cara pengelolaan Terminal Tipe B untuk 7 daerah kabupaten/kota di Papua Barat yang dibangun Terminal Tipe B tersebut sesuai rilis dibuka oleh Sekretaris Dinas Perhubungan Provinsi Papua Barat, Sumarti,SH.

Dalam sambutannya Sumarti mengatakan sesuai aturan terminal dibagi kedalam 3 tipe diantaranta tipe A, tipe B dan terminal tipe C.

Ketiganya telah dipisahkan kewenangan nya menjadi milik pemerintah pusat, Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Daerah.

Klasifikasi tipe dan kelas terminal tersebut dilakukan sesuai fungsi pelayanan, fasilitas pelayanan dan kewenangan.

Sementara Plt Kadishub Papua Barat, Lutsen Herberth Krenak melalui Kepala Bidang LLAJ Dishub PB, Ir. Khaerul Saad,MT didampingi Kasie Terminal Harold J.Umpain,ST saat dihubungi media ini mengatakan, kegiatan ini sudah dilaksanakan dbeberapa kali, namun terkendala adanya Covid-19 jadinya tertunda.

Dijelaslannya Dinas Perhubungan Papua Barat telah membangun 7 Terminal tipe B sejauh ini.

“3 terminal dalam tahap penyelesaian itu di Terminal Wosi Manokwari, Terminal Teluk Bintuni dan Terminal Kota Sorong yang sudah diharapkan tahun ini sudah siap dioperasikan. Kemudian 4 lainnya dalam masa pengerjaan secara bertahap yaitu Terminal Transiki Manokwari Selatan, Maybrat, Sorong Selatan dan Tambrauw. Harapnnya awal tahun depan sudah bisa kita resmikan,” tukasnya.

Disampaikannya terminal tipe B sesuai kewenangan antar kabupaten dan kota di dalam satu provinsi, menjadi kewenangan provinsi.

“Makanya kita provinsi membangun itu untuk menghubungkan kabupaten kota. Sosialisasi ini melibatkan rekan- rekan yang berada di kabupaten, kota yang di daerahnya ada dibangun terminal tipe B,”ujarnya.

Maka melalui sosialisasi kemarin kita msmpersiapkan model pengelolaannya tentu sesuai regulasi yang ada. Dan bisa menguntungkan daerah. Dalam rangka peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

“Sesuai yang disampaikan pak Pj Gubernur bahwa Kedepannya Papua Barat ini harus harus bersifat mandiri. Dalam arti bagaimana kita mengelola potensi yang ada di daerah kita.

“Jadi terminal ini kita berharap menjadi salah satu potensi peningkatan PAD di daerah-daerah yang akan mengoperasikan terminal tipe B,”terangnya.

Kemudian dengan adanya Papua Barat Daya , Ia menyebtukan akan ada peningkatan status untuk segera merencanakan membuat terminal tipe A, antar Provinsi.

Jadi kata Dia, dengan selesai nya sosialisasi kewenangan pengelolaan terminal tipe B ini maka harus didukung dengan peningkatan SDM dalam pengelolaan terminal.

Setidaknya Ia berharap, dari tiap-tiap kabupaten mengirimkan dua personil pegawai dishub untuk mengikuti diklat -diklat yang ada di kementerian Perhubungan.

“Kami juga mengundang dari kementrian khususnya dari subdit terminal dalam rangka pemberian pemahaman tentang regulasi dalam pengelolaan terminal, dimana kewenangan kabupaten dan dimana kewenangan provinsi dimana dan dimana kewenangan pusat, itu pertama. Kemudian kedua kita mengundang dishub provinsi jawa timur, itu dimaksudkan untuk sebagai praktisi pengolahan terminal yang dianggap cukup memadai dalam mengelola terminal. Mulai dari bagaimana mengkolaborasikan antara pengolahan terminal tipe C , B dan A. Semetara kita juga, dengan adanya pemekaran Papua Barat Daya maka sangat potensi untuk kita tingkatkan menjadi tipe A. Diantara dua provinsi ini,” pungkasnya.(ARS/R2)

 

Related posts
Manokwari

Pj Gubernur PB Minta PA dan KPA Benahi Organisasi PBJ

1 Mins read
MANOKWARI,- Bimbingan Teknis (Bimtek) Kebijakan dan Tata Cara Pelaksanaan E-purchasing Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah pada Katalog Elektronik Lokal yang digelar Biro…
Manokwari

2023, 22 Ribu Pekerja Rentan Di Manokwari Dilindungi Pemerintah Daerah Melalui BPJS Ketenagakerjaan

1 Mins read
PENTUL,MANOKWARI-BPJAMSOSTEK (BPJS Ketenagakerjaan) Cabang Manokwari menggelar rapat pembahasan data peserta program jaminan sosial ketenagakerjaan bagi pekerja rentan bersama beberapa pimpinan Organisasi Perangkat…
Manokwari

Bulog Manokwari Jamin Stok Bapok Aman Jelang Nataru

1 Mins read
PENTUL, MANOKWARI –Bulog cabang Manokwari pastikanlah stok bahan pokok (Bapok) misalkan beras aman selama Natal 2022 dan Tahun Batu 2023. Persiapan demi…
Power your team with InHype
[mc4wp_form id="17"]

Add some text to explain benefits of subscripton on your services.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *